Kamis, 26 Juni 2014

Jahe dan Pengolahan Ampyang

Pengolahan Kacang Tanah

Meski para remaja takut memakan kacang tanah karena takut muncul jerawat, namun tak bisa disangkal kalau mereka sering tidak bisa menahan keinginan untuk memakannya karena memang enak dan gurih rasanya kalau dimakan bahkan susah untuk menghentikan kalau sudah mulai menyantapnya. Oleh karena itu alangkah bagusnya kalau bisnis olahan kacang tanah dapat jadi pilihan. Berikut ini ada beberapa jenis olahan kacang tanah.
 
Kacang Asin
Kacang asin biasanyan untuk makanan ringan. Cara membuatanya cukup mudah yaitu kacang dicuci, bersamaan disortasi kemudian direbus sekitar 15 menit dan dicampur garam dan tawas secukupnya. Setelah matang ditiris, kemudian dijemur (2-3 hari) atau dipanggang dalam oven danselanjutnya di kemas.
 
Kacang Tanah rendah lemak dan kalori
Agar kacang tanah dapat rendah lemak dan kalori, ada caranya tersendiri untuk membuatnya yaitu dengan penekanan atau pengepresan secara mekanis dan bisa juga dengan pengembalian biji ke bentuk semula dan bisa juga dengan penggorengan sampai kering. Dengan cara tersebut kerusakanan protein dapat dihambat dan kebersihannya relatif terjamin.Kandungan kacang tanah turun dari 50% menjadi 31% sedangkan protein meningkat dari 21,4 % menjadi 37,4%.
 
Minyak Kacang
Kacang tanah mengandung banyak minyak, maka kacang tanah bisa diekstraksi untuk diambil minyaknya menjadi minyak goreng, minyak sayur, bahan baku dalam industry margarin atau lainnya. Cara pengolahannya bisa melalui proses hidrolik, proses ulir atau ekstraksi dengan pelarut atau kombinasi ketiganya untuk mendapatkan minyak kasar, kemudian dilakukan pemurnian untuk memisahkan lemak bebas warna dan aroma yang tidak dikehendaki.
 
Kue Kering kacang tanah
Bahan yang diperluakan kalau ingin membuat kue kering kacang tanah yaitu, tepung ubi kayu dan tepung garut.. Kacang tanah yang sudah rendah lemak dapat dicampur dengan ubi kayu dan tepung garut dengan perbandingan 2:2:1. Dengan perbandingan tersebut menghasilkan produk yang paling disenangi. Campuran tepung komposit tersebut mengandung 29,4% protein, 25,6% lemak, dan 34,4 % karbohidrat. Adapun cara pembuatannya sebagai berikut: Buat adonan yang terdiri dari margarine, mentega, gula halus, baking powder, air, vanili dan kuning telur untuk selanjutnya di aduk kemudian dapat dicetak. Setelah itu dipanggang dengan oven. Setelah matang diangin-anginkan kemudian dilakukan pengemasan.
 
Pasta/mentega Kacang Tanah
Pasta/mentega kacang tanah yang dimaksudkan yaitu mentega/pasta kacang tanah yang biasanya dipakai untuk maka roti tawar atau jenis roti yang lain. 
Cara pengolahannya sebagai berikut: 
Pertama, dilakukan penyangraian. Penyangraian ini sangat penting karena akan mempengaruhi warna produk yang dihasilkan. 
Tahap kedua, pendinginan, 
Tahap ke 3 penggilingan, 
Tahap ke 4 dicampur dengan menggunakan garam, pemanis, pengemulsi atau lainnya, setelah diaduk rata maka telah menjadi pasta/mentega kacang tanah untuk selanjutnya 
Tahap ke 5 dilakukan pengemasan. 
Dalam pengemasan ini upayakan semenarik mungkin karena akan mempengaruhi dalam pemasaran.
 
Kacang Tanah juga banyak dibuat kue ( misalnya ampyang) ataupun lauk seperti (misalnya rempeyek). Adapun resep dan cara membuatnya sebagai berikut.
 
Ampyang
Membuat ampyang ini memang kelihatannya mudah, tapi banyak juga yang menemui kegagalan seperti tidak bisa menggumpal dan mengeras, kacang tanahnya lembek dan tidak kriuk. Nah bagaimana biar kegagalan tersebut bisa ditekan?, ikuti resep berikut ini :
 
Bahan Ampyang 
Kacang Tanah : 300 gram 
gula jawa, serut atau potong kecil-kecil,100 ml 
air, 
400 gram kacang tanah kupas, 
50 gram jahe
 
Cara Membuatnya:
1) Serut atau cincang gula merah agar cepat larut, sisihkan. 
2) Sangrai kacang tanah di atas api kecil hingga matang dan kering. Angkat, sisihkan. 
3) Bakar jahe, kupas lalu iris-iris tipis, sisihkan.
4) Panaskan gula merah dan air hingga gula mulai meleleh. Tambahkan irisan jahe, masak di atas api kecil hingga gula larut. Angkat.
5) Masukkan kacang tanah sangrai, aduk rata.
6) Ambil satu sendok makan adonan gula kacang, cetakkan di atas loyang berlapis kertas roti.
7)Diamkan hingga gula mengeras dan dingin. Lepaskan dari kertas, sajikan.
 
Rempeyek
Bahan-bahan: 250 gram tepung beras, 1 sendok makan tepung kanji,460 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 80 gram kacang tanah local, 4 lembar daun jeruk yang telah dibuang tulang daunnya kemudian diiris halus, dan minyak goring.
Bahan yang di haluskan:7 Siung bawang putih,1 sendok makan ketumbar sangrai,4 butir kemiri sangrai,1 1/2 sendok teh garam
 
Cara membuatnya:
1) Campur tepung beras, tepung kanji, santan, bumbu halus, dan daun jeruk iris. Aduk sampai rata dan menjadi adonan licin,
2). Masukkan kacang tanah, aduk merata,
3).panaskan minyak goreng dengan api sedang,
4). Tuang sesendok sayur adonan rempeyek kacang tipis merata pada tepian wajan,
5). Siram-siram adonan yang menempel pada wajan dengan minyak panas hingga adonan terlepas dari wajan 
6). Goreng hingga matangnya merata. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, simpan dalam stoples kedap udara.
 
Penulis: Yulia Tri S (PP Madya)
Email:yuliatrisedyowati@yahoo.co.id
 
Sumber: 
http ://resepmasakanindonesia.info/resep-ampyang-kacang-tanah/
Direktorat Jenderal Bina Produksi Tanaman pangan, Direktorat Kacang-kacangan dan umbi-umbian. Prospek Agribisnis Kacang Tanah.2002 
Sumber : cybex.deptan.go.id/penyuluhan/pengolahan-kacang-tanah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar